Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Film Mahabarata Pada Pelajaran Agama Hindu Kelas VII,VIII, IX, pada Pasraman Dharma Kerthi Kota Bandar Lampung
Keywords:
aktivitas, hasil belajarAbstract
ABSTRAK: Keberhasilan suatu pembelajaran dipengaruhi oleh adanya faktor-faktor yang mempengaruhi dalam kegiatan belajar mengajar. Diantara faktor tersebut adalah siswa, guru, kebijakan pemerintah dalam membuat kurikulum, serta dalam proses belajar seperti metode, sarana dan prasarana (media pembelajaran), model, dan pendekatan belajar yang digunakan. Kurangnya mutu pembelajaran dapat diartikan kurang efektifnya proses pembelajaran. Pendidikan agama Hindu merupakan faktor pendidikan yang paling penting untuk diajarkan kepada siswa untuk menciptakan generasi muda Hindu yang berahlak mulia. Untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan strategi yang memadukan setiap komponen pembelajaran. Berdasarkan latar belakang tersebut, masalah dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimanakah aktivitas siswa dalam pelajaran Agama Hindu dengan menggunakan Media film Mahabarata kelas VII, VIII dan IX Pasraman Dharma Kerthi? 2).Bagaimanakah hasil belajar siswa dengan menggunakan Media film Mahabarata di kelas VII, VIII, IX Pasraman Dharma Kerthi? maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuai aktivitas dan hasil belajar melaui pembelajaran mengunakan media film Mahabarata. Manfaat penelitian secara teoritis hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan pembuktian bahwa penggunaan media merupakan salah satu hal penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Terlebih lagi penggunaan media film Mahabarata balik untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi pembelajaran. Metode penelitian mengunakan Penelitian Tindakan Kelas(PTK) dengan tiga siklus. Hasil Penelitian yang diperoleh dilihat dari hasil kegiatan pada siklus pertama memperoleh rata – rata 67 pada siklus kedua memperoleh rata – rata 77 pada siklus ketiga memperoleh rata – rata 82. Data kenaikan prosentase di atas menggambarkan bahwa media film Mahabarata dapat meningkatkan hasil belajar Agama Hindu Kelas VII, VIII dan IX pada Pasraman Dharma Kerthi pada semester genap tahun 2015/2016. Dari hasil penelitian dengan mengunakan media film Mahabarata dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dibandingkan pelajaran agama Hindu yang tidak mengunakan media film Mahabarata. Adapun sarankan dari Penelitian ini: Alternatif pengunaan media film Mahabarata dalam proses pembelajaran Agama Hindu lebih bergairah bagi siswa terutama keaktifan belajar siswa. Dalam menerapkan media film Mahabarata dalam pembelajaran dapat berhasil dengan baik maka disarankan agar guru terbiasa melatih dan menggunakan media kususnya film Mahabarata dalam pembelajaran dikelas. Sehingga siswa menjadi lebih aktif, minat belajar dan nilai atau hasil yang dicapai dapat memenuhi standar disekolah.
Kata Kunci : aktivitas, hasil belajar