MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE TEAM TEACHING STUDY DI SMP UTAMA WACANA 8
Keywords:
Meningkatkan Aktivitas, Hasil Belajar dan Metode Team Teaching.Abstract
Abstrak: Keaktifan siswa merupakan salah satu unsur penting dalam menentukan kesuksesan belajar. Dalam kenyataannya metode ceramah yang sering digunakan dalam kegiatan pembelajaran di kelas tidak dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa. Oleh karena itu perlu, perlu dilakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan metode yang dapat mengatasi siswa yang kurang aktif belajar. Salah satu metode pembelajaran yang bisa digunakan adalah model pembelajaran Team Teaching yaitu pembelajaran yang kegiatan proses pembelajarannya dilakukan oleh lebih dari satu orang guru. Tujuan aktifitas ini adalah menguasai penggunaan model pembelajaran team teaching untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu pada kelas VIII di SMP Utama Wacana 8. Keberhasilan proses yang dinyatakan berhasil bila rata-rata aktivitas belajar siswa sudah mencapai skor lebih dari atau sama dengan 80 %. Ketuntasan hasil belajar siswa minimal 75 % dari keseluruhan siswa yang telah mendapat nilai minimal 70. penerapan Team Teaching ini dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa. Di lihat dari penilaiaan On Task siswa di siklus 1 sampai siklus 3 aktifitas belajar siswa yang tadinya 24% naik menjadi 66% dan di penilaiaan Off Task siswa dari siklus 1 sampai siklus 3 aktifitas siswa yang tadinya 4% menurun menjadi 1%. Dan hasil penilaiaan siswa pada saat praktek Bhagawad Gita dari siklus 1 sampai siklus 3 yang tadinya mendapatkan skor nilai rata-rata 5 kemudian skor nilai rata-ratanya naik menjadi 7. Pada penerapan metode Team Teaching dengan dua guru nilai rata-ratanya yaitu 6 sedangkan nilai rata-rata siswa pada penerapan metode Team Teaching dengan tiga guru yaitu 7. Uji t pada taraf nyata 5 % menunjukkan bahwa nilai rata-rata tersebut berbeda sangat nyata. Artinya , penerapan metode Team Teaching dengan tiga guru menghasilkan nilai rata-rata siswa lebih besar dari pada nilai rata-rata siswa pada team teaching dua guru.
Kata kunci: Meningkatkan Aktivitas, Hasil Belajar dan Metode Team Teaching.