PENGARUH BIMBINGAN ORANG TUA TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR ANAK BERBASIS ONLINE DITENGAH PANDEMI COVID-19

Authors

  • Journal Manajer JPA

Keywords:

Bimbingan Orang Tua, Aktivitas Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan belajar anak yang dilaksanakan
dirumah dengan berbasis online (daring) dimasa Pandemi Covid-19 yang dalam
kenyataannya kurang mendapat bimbingan dari orang tua dikarenakan orang tua yang
sebagian besar kurang memahami perkembangan teknologi serta peranannya yang
belum mampu menggantikan sosok guru disekolah bagi anak dirumah, sehingga
menyebabkan kegiatan belajar berbasis media online kurang pengawasan, tanpa
pengawasan dengan hasil yang tidak maksimal, seperti yang terjadi di SDN 3 Mataram
Udik, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan orang tua terhadap
aktivitas belajar anak berbasis online ditengah Pandemi Covid-19 di SDN 3 Mataram
Udik Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan tehnik sampling jenuh
mengingat jumlah populasi yang kurang dari 100 yaitu sebanyak 53, metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif,
pengujian hipotesis dengan menggunakan uji regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil
analisis data diperoleh hasil penelitian sebagai berikut : ada pengaruh yang positif
bimbingan orang tua terhadap aktivitas belajar anak berbasis online ditengah Pandemi
Covid-19 studi di SDN 3 Mataram Udik dengan hasil thitung untuk variabel bimbingan
orang tua sebesar 6,178 hal ini menunjukan H0 ditolak dan H1 diterima atau dengan kata
lain bimbingan belajar orang tua berpengaruh secara signifikan terhadap aktivitas
belajar anak berbasis online, apabila melihat probabilitasnya (Sig). menunjukan angka
0,000 < 0,05 dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Berarti pengaruh bimbingan
orang tua terhadap aktivitas belajar anak berbasis online signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-11-21