PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEBAT AKTIF UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AGAMA HINDU

(PTK pada Siswa Pasraman Saraswati Way Halim Bandar Lampung)

Authors

  • admin admin

Keywords:

Debat Aktif, Aktivitas dan Hasil Belajar

Abstract

Abstrak: Debat aktif mengajak siswa mengekplorasi pengetahuannya, mempertahankan pendapat yang dimiliki masing–masing kelompok, baik itu kelompok pro ataupun kontra, dari pertanyaan kontroversi yang diberikan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa selama menerapkan pembelajaran debat aktif. Penelitian ini, dilakukan di kelas XI Pasraman Saraswati Way Halim Bandar Lampung, pada Semester Genap tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini memnggunakan desain penelitian tindakan kelas untuk siswa 20 orang. Tindakan kelas  meliputi tiga siklus yaitu siklus I, siklus II dan siklus III. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh (1) Persentase rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 76 % terkategori aktif, siklus II sebesar 89 % terkategori aktif dan siklus III sebesar 97% terkategori aktif. (2) Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah sebesar 71 tergolong baik, pada siklus II nilai rata-rata sebesar 77 tergolong baik dan pada siklus III adalah 83 tergolong sangat baik. (3) Pengelolaan pembelajaran guru di kelas pada siklus I yaitu 70 % dengan predikat baik, siklus II sebesar 80 % dengan predikat baik sekali dan siklus III sebesar 88 % dengan predikat baik sekali. Terjadi peningkatan aktivitas, hasil belajar siswa dan pengelolaan pengajaran guru setiap siklus belajar.  Dengan demikian maka secara umum dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran debat aktif dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa serta meningkatkan pengelolaan pembelajaran guru dalam kelas.

 

Kata Kunci: Debat Aktif, Aktivitas dan Hasil Belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-03-01