MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE TEAM TEACHING: STUDY DI SMP UTAMA WACANA 8
Keywords:
Meningkatkan Aktivitas, Hasil Belajar dan Metode Team TeachingAbstract
Abstrak: Keaktifan siswa merupakan salah satu unsur penting dalam menentukan kesuksesan belajar. Dalam kenyataannya metode ceramah yang sering digunakan dalam kegiatan pembelajaran di kelas tidak dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan metode yang dapat mengatasi siswa yang kurang aktif belajar. Salah satu metode pembelajaran yang bisa digunakan adalah model pembelajaran Team Teaching yaitu pembelajaran yang kegiatan proses pembelajarannya dilakukan oleh lebih dari satu orang guru. Tujuan aktifitas ini adalah menguasai penggunaan model pembelajaran team teaching untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu pada kelas VIII di SMP Utama Wacana 8. Proses belajar dinyatakan berhasil apabila rata-rata aktivitas belajar siswa sudah mencapai skor lebih dari atau sama dengan 80 %. Ketuntasan hasil belajar siswa minimal 75 % dari keseluruhan siswa yang telah mendapat nilai minimal 70. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Team Teaching ini dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Di lihat dari penilaiaan On Task siswa di siklus 1 sampai siklus 3 tampak bahwa aktivitas belajar siswa yang pada mulanya 24% naik menjadi 66%. Penilaiaan Off Task siswa dari siklus 1 sampai siklus 3 menunjukkan bahwa aktivitas siswa yang pada awalnya 4% turun menjadi 1%. Dan hasil penilaiaan siswa pada saat praktek Bhagawad Gita dari siklus 1 sampai siklus 3 tampak bahwa terjadi kenaikan yaitu pada awalnya mendapatkan skor nilai rata-rata 5 naik menjadi 7. Pada penerapan metode Team Teaching dengan dua guru, nilai rata-rata yaitu 6, sedangkan nilai rata-rata siswa pada penerapan metode Team Teaching dengan tiga guru yaitu 7. Uji t pada taraf nyata 5 % menunjukkan bahwa nilai rata-rata tersebut berbeda sangat nyata. Artinya, penerapan metode Team Teaching dengan tiga guru menghasilkan nilai rata-rata siswa lebih besar dari pada nilai rata-rata siswa pada team teaching dua guru.
Kata Kunci : Meningkatkan Aktivitas, Hasil Belajar dan Metode Team Teaching.