KARAKTER SEBAGAI MODAL DASAR DAYA SAING SDM HINDU DI BALIREJO, DESA KESUMAJAYA, KEC. BEKRI, KAB.LAMPUNG TENGAH
Kata Kunci:
Karakter, Kuliner Antarasa, SDM HinduAbstrak
Kuliner Antarasa merupakan jenis usaha rumahan yang bergerak dalam bidang pengolahan makanan seperti kue kering, cake, stik dan keripik yang dibentuk pada tanggal 1 September 2020. Di Bekri dan wilayah sekitarnya jenis usaha dibidang makanan khususnya kue memiliki peluang yang sangat manjanjikan, karena makanan adalah kebutuhan primer manusia, ditambah lagi dengan banyaknya jumlah tenaga kerja murah sesuai dengan kebutuhan usaha, jika sedang merintis penguruslah yang mengelola secara profesional sementara anggota ikut membantu dengan giliran. Dalam melakukan
pekerjaan dilakukan secara isidentil Baik hari dan waktu tergantung permintaan konsumen dan pemesanan. Jika permintaan sudah dirasa stabil akan dibuat jadwal kemudian. Setiap kegiatan untuk memulai usaha yang akan dirintis untuk mengukur kemampuan usaha terhadap lingkungan atau pesaing yaitu, SWOT : Strength (Kekuatan), kekuatan produk ini adalah Pertama,menjual produk untuk semua kalangan masyarakat, Kedua, satu produk terdiri dari beberapa macam bentuk dan rasa, Ketiga, bahan produk yang terjamin dan Higienis. Weaknes (Kelemahan) dari produk ini adalah tidak dapat bertahan lama dan produknya mudah ditiru. Opportunity (Peluang) tempat strategis, fasilitas yang cukup memadai, pemasaran dapat menggunakan teknologi dan
tersedianya peluang pinjam modal dengan bunga ringan serta Threat (ancaman) adanya pesaing yang menjual produk dengan harga yang tidak terlalu mahal. Agar lebih maksimal kelompok Kuliner Antarasa telah berusaha mengurus proses izin PIRT agar produknya semakin dipercaya. Disamping anggota dapat memanfaatkan media Youtube untuk meningkatkan pengetahuannya dalam produksinya.