MENINGKATKAN SRADHA MELALUI SADHANA SISWA SMK NEGRI 1 SRAGI DESA SUMBER AGUNG KECAMATAN SRAGI KABUPATEN LAMPUNG SELATAN
Keywords:
Sradha, SadhanaAbstract
Kondisi siswa siswi SMKN 1 Sragi masih belum mengerti tentang apa itu sadhana bahkan siswa kurang memahami apa yang dimaksud dengan sraddha dalam kehidupan sehari-hari. Siswa kurang mengetahui kekuatan dan fungsi Dewa-Dewi yang dipuja selama ini dan siswa di daerah ini pun belum mengetahui pengaruh sadhana dalam meningkatkan sraddha hal ini dikarena siswa belum pernah melaksanakan sadhana, dengan ini peneliti akan menerapkan pemujaan, japa, meditasi, dan membaca bhagavadgita yang sesuai petunjuk Weda. Kegiatan penelitian dilakukan sebanyak delapan kali pertemuan dilaksanakan mulai dari tanggal 18 januari 2020 sampai tanggal 26 februari 2020 dengan melaksanakan dua tahap penyebaran angket peneliti menjadikan siswa SMKN 1 Sragi sebagai populasi. Terdiri dari siswa kelas X, XI dan XII. Sampel dipilih dengan cara ditentukan yaitu kelas XI sebanyak 30 siswa. Meningkatkan sraddha melalui sadhana siswa SMK Negri 1 Sragi, Desa Sumber Agung, Kecamatan Sragi, Kabupaten Lampung Selatan, dengan menerapkan pemujaan, japa, meditasi dan membaca bhagavadgita pada saat pembelajaran berlangsung di SMK Negri 1 Sragi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan melakukan sadhana yang memiliki indikator pemujaan, japa, meditasi dan membaca bhagaavadgita dapat meningkatan sraddha siswa SMK N 1 sragi terlihat dari nilai rata-rata tes tertulis sebelum dilakukan pembelajaran sadhana 235 setelah dilakukan pembelajaran meningkat menjadi 313. Nilai rata-rata tes praktik sebelum dilakukan pembelajaran 246 setelah dilakukan pembelajaran meningkat menjadi 308. Saran dari penelitian ini yaitu agar
meningkatkan sraddha siswa melalui sadhana ini dijadikan sebagai alternatif proses Pembelajaran Agama Hindu sehingga siswa lebih tertarik dan lebih mudah untuk memahami.