EVALUASI KINERJA GURU PENDIDIKAN HINDU

Penulis

  • Journal Manajer JPA

Kata Kunci:

model countenance stake, kegiatan belajar, strategi pembelajaran

Abstrak

Kinerja guru adalah salah satu topik penting dalam pendidikan dan menjadi
masalah global dalam peningkatan kualitas pendidikan di banyak negara, termasuk kinerja
guru Pendidikan Hindu. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi
kinerja guru Pendidikan Agama Hindu di Sekolah Menengah Atas di Provinsi Lampung.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari penelitian evaluasi dengan model
pasak wajah. Sampel penelitian adalah 66 guru Pendidikan Agama Hindu yang diambil
dengan teknik purposive sampling. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan studi
dokumen. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja guru Pendidikan Agama
Hindu dalam perencanaan pembelajaran adalah baik. Guru dapat merancang proses
pembelajaran yang baik, meskipun kemampuan dalam memilih metode dan strategi,
memilih media dan sumber belajar dan menyusun komponen penilaian dalam
mengevaluasi pembelajaran harus ditingkatkan. Karena ketiga komponen tersebut masih
dalam kategori cukup. Kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran berada dalam
kategori baik, meskipun masih ada beberapa komponen terukur yang harus ditingkatkan
seperti dengan melakukan kegiatan elaborasi, melakukan proses penilaian dan selanjutnya
program. Oleh karena itu, secara eksplisit menunjukkan bahwa guru Pendidikan Agama
Hindu di Provinsi Lampung harus dievaluasi kinerja. Ini bertujuan untuk pengembangan
profesional dan peningkatan karier sebagai guru.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-11-21