Manajemen Supervisi Akademik Melalui Teknik Individu Dan Pendekatan Langsung Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran
Kata Kunci:
supervisi akademik, teknik individu, pendekatan langsung, kepala sekolah, peningkatan pembelajaranAbstrak
Supervisi akademik adalah serangkaian kegiatan untuk membantu dosen
mengembangkan kemampuannya dalam mengelola proses pembelajaran demi
pencapaian tujuan pembelajaran, pengelolaan pembelajaran meliputi persiapan
pembelajaran, perlaksanaan pembelajaran dan penilaian hasil pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik individu supervisi akademik
terhadap pelaksanaan pembelajaran dan mengetahui pengaruh pendekatan langsung
supervisi akademik terhadap pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan
metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan
metode wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala
sekolah, wakil kepala sekolah dan dosen. Data dianalisis dengan teknik reduksi,
penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan
supervisi akademik disusun pada awal tahun akademik baru dengan melibatkan wakil
ketua 1 bidang akademik, dan dosen-dosen. Sasaran dalam perencanaan supervisi
akademik kepala sekolah adalah kemampuan dosen dalam mengelola pembelajaran,
mulai dari merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi hasil belajar mahasiswa.
Pelaksanaan supervisi akademik dilakukan terlebih dahulu mengkomunikasikan kepada
dosen-dosen, dilakukan sebanyak satu kali dalam satu semester, atau dua kali dalam
satu tahun akademik. Teknik supervisi akademik yang digunakan yaitu teknik secara
individu atau pengamatan setiap dosen dengan kunjungan kelas, pendekatan supervise
yang dilakukan melalui pendekatan langsung kepada semua dosen. Hambatanhambatan
adanya kegiatan-kegiatan eksternal yang sifatnya mendadak, sehingga
jadwal supervisi yang sudah disusun sebelumnya juga terganggu. Dosen yang
disupervisi merasa masih ada rasa ewuh pekewuh terhadap kunjunagn kelas.