PERSEPSI BERBAGAI STRATA SOSIAL MASYARAKAT TERHADAP PASRAMAN FORMAL

Authors

  • Journal Manajer JPA

Keywords:

Persepsi, Strata Sosial Masyarakat, Pasraman Formal

Abstract

Abstrak, Pasraman formal merupakan lembaga pendidikan keagamaan yang dibentuk oleh masyarakat yang telah terdaftar pada instansi pemerintah. Keberadaan pasraman Formal penting bagi umat Hindu, karena mampu menunjukkan fungsi keberadaannya sesuai dengan harapan masyarakat. Namun tidak semua daerah dapat melaksanakan program pemerintah tersebut, seperti halnya di Kecamatan Seputih Mataram Kabupaten Lampung Tengah yang tidak mempunyai Pasraman Formal.

 

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persepsi berbagai strata sosial masyarakat yaitu Tokoh Masyarakat dan Masyarakat umum di Kecamatan Seputih Mataram Kabupaten Lampung Tengah terhadap Pasraman Formal. Untuk mendapatkan data dalam penelitian ini digunakan teknik pengumpulan data kuesioner/angket. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Disproportionate stratified random sampling yang menggunakan rumus Slovin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Kuantitatif Presentase.

 

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tingkat persepsi baik Tokoh Masyarakat dan Masyarakat umum secara umum tidak berbeda yaitu setuju apabila dibangun Pasraman Formal di Kecamatan Seputih Mataram, kecuali tanggapan dalam hal pembangunan Pasraman Formal dalam lingkup desa Masyarakat umum lebih tinggi dibandingkan dengan Tokoh Masyarakat. Sedangkan tanggapan dalam hal Sumbangan dana, sumbangan material, dan minat anak untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Hindu Tokoh Masyarakat lebih tinggi dibandingkan dengan Masyarakat umum.

 

Kata Kunci: Persepsi, Strata Sosial Masyarakat, Pasraman Formal

Downloads

Published

2020-09-25