Persepsi Masyarakat Di Kecamatan Seputih Mataram Kabupaten Lampung Tenga Terhadap Aktivitas Keagamaan Alumni Stah Lampung

Authors

  • I Made Sutharjana
  • Budi Asmoro

Keywords:

Persepsi Masyarakat dan Aktivitas Keagamaan Alumni STAH Lampung

Abstract

Alumni STAH Lampung selain disiapkan menjadi seorang guru/pendidik juga memiliki peran yang besar dimasyarakat yaitu sebagai katalisator, kontributor dan again of change. Dari ke tiga peran tersebut masyarakat memiliki harapan yang besar kepada alumni STAH Lampung untuk dapat memajukan umat dalam bidang keagamaan. Namun tidak semua alumni aktif dalam kegiatan keagamaan seperti yang terjadi di Kecamatan Seputih Mataram, hal ini juga ditambah dengan beberapa keluhan tokoh masyarakat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah persepsi masyarakat di Kecamatan Seputih Mataram Kabupaten Lampung Tengah terhadap alumni STAH Lampung dan aktivitas keagamaannya dan (2) Apakah aktivitas keagamaan alumni STAH Lampung berkorelasi dengan persepsi masyarakat di Kecamatan Seputih Mataram Kabupaten Lampung Tengah.

Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik disproportionate stratified rondom sampling dengan mengunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi product moment. Kesimpulan dalam penelitian ini persepsi masyarakat di Kecamatan Seputih Mataram terhadap alumni STAH Lampung dengan skor rata-rata 2,89 dan aktivitas keagamaan alumni STAH Lampung memiliki skor rata-rata 1,73. Aktivitas keagamaan alumni STAH Lampung berkorelasi positif sedang dan sangat nyata dengan persepsi masyarakat di Kecamatan Seputih Mataram.

Downloads

Published

2020-12-15