Belajar Membaca Bhagawad Gita Untuk Meningkatkan Bhakti Siswa Pasraman Saraswati Di Desa Mekar Dewata Kecamatan Banjar Agung Kabupaten Tulang Bawang

Authors

  • Journal Manajer JPA

Keywords:

Bhagawad Gita, Bhakti, Bhakti Siswa Pasraman Saraswati

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan belajar membaca kitab suci Bhagawad Gita dapat meningkatkan bhakti siswa Pasraman Saraswati Desa Mekar Dewata Kecamatan Banjar Agung Kabupaten Tulang Bawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa Pasraman Saraswati di Desa Mekar Dewata Kecamatan Banjar Agung Kabupaten Tulang Bawang yang berjumlah 50 siswa. Sampel penelitian adalah 30 siswa yang dianggap mampu mengikuti pelatihan dengan baik. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket dan tes.

 

Berdasarkan analisis hasil angket dan tes secara deskriftip diperoleh kesimpulan bahwa belajar membaca kitab suci Bhagawad Gita dapat meningkatkan bhakti siswa Pasraman Saraswati Desa Mekar Dewata Kecamatan Banjar Agung Kabupaten Tulang Bawang. Terlihat dari hasil persentase angket yang diberikan sebelum diberikan perlakuan belajar membaca Bhagawad Gita 44,58% dan sesudah diberikan perlakuan belajar membaca Bhagawad Gita menjadi 80,48% begitu juga dengan hasil tes yang mengukur pemahaman atau kemampuan siswa dalam melakukan bhakti. Terlihat pada hasil rata-rata tes sebelum diberikan perlakuan belajar membaca Bhagawad Gita 5,04 dan sesudah diberikan perlakuan belajar membaca Bhagawad Gita menjadi 9,67. Sehinga sangat jelas terlihat ada peningkatan hasil dari sebelum diberikan perlakuan belajar membaca Bhagawad Gita dengan sesudah diberikan perlakuaan belajar membaca Bhagawad Gita.

 

Kata Kunci : Bhagawad Gita, Bhakti, Bhakti Siswa Pasraman Saraswati

Downloads

Published

2020-09-25