PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH SD PALMKIDS TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Authors

  • Journal Manajer JPA

Keywords:

bimbingan belajar orang tua, prestasi belajar

Abstract

Abstrak: Pelitian ini di latar belakangi oleh nilai siswa di SD Palmkids Tahun Pelajaran 2014/2015 yang memperoleh prestasi belajar dibawah rata-rata karena kurangnya Bimbingan belajar yang diberikan oleh orang tua terhadap siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan belajar orang tua terhadap prestasi belajar siswa di sekolah. SD Palmkids Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh mengingat jumlah populasi yang kurang dari 100, yaitu sebanyak 60.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Pengujian hipotesis pertama menggunakan uji regresi linier sederhana dan hipotesis yang kedua dengan menbandingkan hasil nilai rata-rata siswa dari semester ganjil ke genap. Berdasarkan hasil analis data diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan Bimbingan belajar orang tua terhadap Prestasi belajar siswa di SD Palmkids Tahun Ajaran 2014/2015 dengan hasil yang  perhitungan thitung 10,739 > ttabel 1,658.(2) Ada pengaruh yang positif pengaruh Bimbingan belajar orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SD Palmkids Tahun Ajaran 2014/2015 dengan membandingkan nilai rata siswa dari semester ganjil ke genap dengan rata-rata nilai 71,43 dan 82,25 setelah dianalisis terdapat peningkatan prestasi sebesar 10,82℅

Kata Kunci: bimbingan belajar orang tua, prestasi belajar

Downloads

Published

2020-09-25