Efektifitas Modul Inquiry Based Instructions Pada Materi Sistem Ekskresi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMA Kelas XI IPA
Keywords:
modul, inquiry based instructions, hasil belajarAbstract
Abstrak: Hasil belajar memiliki tiga ranah yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik, merupakan bagian peting dari suatu proses pembelajaran untuk mengetahui tingkat tujuan pembelajaran, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas modul berbasis inquiry based instructions pada materi sistem ekskresi terhadap hasil belajar Siswa di SMA XI IPA. Penelitian kuasi eksperimen mengunakan pre-test and post-test control group design. Sampel penelitian ini terdiri dari 36 siswa XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen menggunakan modul dan 36 siswa XI IPA 6 sebagai kelas kontrol mengunakan metode ceramah. Data dikumpulkan mengunakan tehnik tes berupa 30 soal pilihan ganda. Data dianalisis dengan uji t-test mengunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukan uji t-test di kelas ekskperimen di peroleh probalitas (p) -7,285 (p<0.05), jadi H0 ditolak. Hasil analisis menunjukan ada perbedaan signifikan antara skor pretest dan postest siswa yang menggunakan modul dengan gain skore sebesar 0,45. Hasil belajar pada kelas kontrol juga meningkat namun tidak sebesar pada kelas eksperimen gain skore sebesar 0,24. Dapat disimpulkan IBI modul meningkatkan hasil belajar Siswa di SMA kelas XI IPA.
Kata Kunci: modul, inquiry based instructions, hasil belajar