PENGEMBANGAN NILAI-NILAI MORAL DAN AGAMA MELALUI METODE BERCERITA PADA ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK PALMKIDS BANDAR LAMPUNG
Keywords:
Metode bercerita, pengembangan nilai-nilai moral dan agamaAbstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan nilai-nilai moral dan agama melalui metode bercerita pada anak kelompok B Taman Kanak-kanak Palmkids. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik yang berada di kelompok B atau berusia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Palmkids berjumlah 15 anak. Penelitian ini dilakukan dengan bekerjasama dengan guru kelas. Data anak dikumpulan melalui pedoman obsevasi anak dan kegiatan peneliti atau guru saat melakukan proses pembelajaran dikumpulkan melalui pedoman observasi guru, adapun wawancara dan dokumentasi hanya digunakan sebagai pendukung untuk mengumpulkan data. Validitas data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis kritis dan analisis kualitatif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai moral dan agama anak melalui metode bercerita mengalami perkembangan pada setiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari siklus I sampai dengan siklus II. Nilai-nilai moral dan agama anak berkembang dari pra siklus 55,55% menjadi 72,44% pada siklus I, dan pada siklus II nilai-nilai moral dan agama anak berkembang menjadi 79,77%. Dari keseluruhan hasil secara individual nilai-nilai moral dan agama anak melalui metode bercerita mengalami perkembangan. Indikator yang digunakan dalam penelitian juga mengalami kenaikan dari siklus I sampai siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hipotesis yang menyatakan “melalui metode bercerita dapat mengembangkan nilai-nilai moral dan agama pada anak kelompok B Taman Kanak-kanak Palmkids Tahun Ajaran 2016/2017” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.
Kata kunci: Metode bercerita, pengembangan nilai-nilai moral dan agama.