IMPLEMENTASI KEGIATAN KIRTANAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA UNTUK BELAJAR AGAMA HINDU
Keywords:
Kegiatan Kirtanam dan Motivasi Belajar SiswaAbstract
Abstrak: Proses belajar-mengajar yang terjadi di Pasraman Saraswati Desa Tanjung Serupa belum efektif. Hal ini disebabkan karena motivasi dan minat siswa dalam belajar agama Hindu di pasraman tersebut masih kurang. Siswa yang datang kepasraman belum mampu mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Untuk dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar agama Hindu, peneliti mengimplementasikan kegiatan Kirtanam pada awal pembelajaran. Jenis Kirtanam yang disampaikan kepada siswa yaitu, Puja Ganesha, Puja Saraswati, Puja Siva, Puja Laksmi dan Puja Durga. Penelitian dilakukan selama 2 bulan dilaksanakan mulai tanggal 2 Maret sampai tanggal 4 Mei 2013 dengan melaksanakan dua tahapan penyebaran angket. Peneliti menjadikan siswa Sekolah Dasar sebagai Populasi. Terdiri dari siswa kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6. Berdasarkan hasil penerapan kirtanam dan analisis data terjadi peningkatan motivasi belajar siswa sebesar 38,3%. Dimana rata-rata anak sebelum mendapatkan kegiatan Kirtanam adalah 48,3%. Kemudian setelah dilaksanakan pembelajaran Agama Hindu melalui kegiatan Kirtanam, nilai peningkatan motivasi anak meningkat 86,6%. Setelah pembelajaran dengan Kegiatan Kirtanam ini berlangsung motivasi anak menunjukan peningkatan secara kualitatif pada semua indikator pengamatan. Pada akhirnya motivasi belajar siswa sangat meningkat. Hal ini karena ketertarikan siswa belajar dengan menggunakan kegiatan Kirtanam dibandingkan dengan kegiatan belajar yang biasa meraka dapatkan sebelumnya, sehingga motivasi belajar siswa dan daya konsentrasi anak menunjukan peningkatan. Hal demikian membuat siswa mampu memahami pembelajaran yang diberikan oleh guru dan juga membuat siswa senang datang kepasraman untuk belajar pendidikan Agama Hindu. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa, Pembelajaran dengan kegiatan kirtanam efektif untuk meningkatkan motivasi belajar Agama Hindu. Saran dari peneliti yaitu agar pembelajaran melalui kegiatan kirtanam ini dijadikan sebagai alternatif untuk memvariasi proses Pembelajaran Agama Hindu, sehingga siswa tidak jenuh dengan proses pembelajaran melantunkan nama-nama suci Brahma.
Kata Kunci : Kegiatan Kirtanam dan Motivasi Belajar Siswa