EVALUASI KINERJA GURU PENDIDIKAN HINDU

Authors

  • Admin JPA

Keywords:

Model Countenance Stake, Kegiatan Belajar, Strategi Pembelajaran

Abstract

ABSTRAK: Kinerja guru adalah salah satu topik penting dalam pendidikan dan menjadi masalah global dalam peningkatan kualitas pendidikan di banyak negara, termasuk kinerja guru Pendidikan Hindu. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja guru Pendidikan Agama Hindu di Sekolah Menengah Atas di Provinsi Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari penelitian evaluasi dengan model pasak wajah. Sampel penelitian adalah 66 guru Pendidikan Agama Hindu yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja guru Pendidikan Agama Hindu dalam perencanaan pembelajaran adalah baik. Guru dapat merancang proses pembelajaran yang baik, meskipun kemampuan dalam memilih metode dan strategi, memilih media dan sumber belajar dan menyusun komponen penilaian dalam mengevaluasi pembelajaran harus ditingkatkan. Karena ketiga komponen tersebut masih dalam kategori cukup. Kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran berada dalam kategori baik, meskipun masih ada beberapa komponen terukur yang harus ditingkatkan seperti dengan melakukan kegiatan elaborasi, melakukan proses penilaian dan selanjutnya program. Oleh karena itu, secara eksplisit menunjukkan bahwa guru Pendidikan Agama Hindu di Provinsi Lampung harus dievaluasi kinerja. Ini bertujuan untuk pengembangan profesional dan peningkatan karier sebagai guru.

 

Kata kunci: Model Countenance Stake, Kegiatan Belajar, Strategi Pembelajaran

Downloads

Published

2016-09-01