PERAN GURU AGAMA HINDU DALAM MENINGKATKAN AKTIITAS KEAGAMAAN SISWA SMP SE-KECAMATAN KETAPANG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

Authors

  • admin admin

Keywords:

Peran guru agama Hindu dan aktivitas keagamaan siswa SMP

Abstract

Abstrak: Pendidikan Agama Hindu yang dilakukan di sekolah-sekolah atau di pasraman seharusnya mampu meningkatkan Sradha dan Bhakti siswa di sekolah.  Oleh karena itu, pemberian materi agama kepada siswa sepatutnya dapat menyentuh rohani siswa secara mendalam, agar dapat meyakini agamanya dan meningkatkan sradha bhaktinya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru agama Hindu dalam meningkatkan aktivitas keagamaan. Dan bagaimana dampak positif yang telah melakukan aktivitas keagamaan terhadap prilaku sehari-hari siswa.

Pengambilan data pada penelitian ini adalah melalui penyebaran angket pada siswa SMP Se-Kec Ketapang Kabupaten Lampung Selatan. Dan pengambilan data kedua dengan cara wawancara ke pihak guru agama Hindu, orang tua, tokoh masyarakat untuk mengatahui peran guru agama Hindu dan mengatahui dampak positif siswa yang telah melakukan aktivitas keagamaan terhadap prilaku sehari-hari siswa.

Hasil penelitian didapat bahwa seorang guru agama Hindu memang sangat berperan penting dalam meningkatkan aktivitas keagamaan siswa baik itu dalam bentuk persembahyangan (Trisandya) maupun kegiatan-kegiatan pada saat hari raya agama Hindu. Sehingga dari meningkatnya aktivitas keagamaan siswa tersebut dapat memberikan dampak positif terhadap siswa yang telah melakukan aktivitas keagamaan terhadap prilaku sehari-hari siswa. Selain peran guru dalam meningkatkan aktivitas keagamaan siswa, peran MGMP (musyawarah guru mata pelajaran) khususnya pelajaran agama Hindu sangat berperan dalam membantu guru-guru dalam meningkatkan aktivitas keagamaan siswa disekolah.

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa seorang guru agama Hindu sangat berperan penting dalam jalur pendidikan baik itu dalam meningkatkan aktivitas keagamaan siswa. Rajin melaksanaka aktivitas keagamaan dapat memberikan dampak positif bagi siswa dan dapat mengubah sikap dan prilaku siswa, terutama siswa SMP Se-Kecamatan Ketapang. Dalam penelitian ini peneliti menyarankan pada pihak orang tua siswa maupun guru agama Hindu lebih dapat membimbing siswanya agar lebih meningkatkan aktivitas keagamaan siswa maupun anaknya.

 

Kata Kunci: Peran guru agama Hindu dan aktivitas keagamaan siswa SMP

Downloads

Published

2016-03-01